20 Februari 2012

Gula Penyebab Kulit Keriput?

penyebab kulit keriput
Banyak faktor yang menyebabkan kulit keriput atau kusam seperti gaya hidup yang tidak sehat, stres dan suka makan makanan yang manis atau gula dalam jumlah berlebih. Mengapa gula penyebab kulit keriput? Adalah AGEs atau advanced end products yang terbentuk akibat aliran darah yang terikat dengan protein yang menjadi penyebabnya.

Proses ini akan membuat serat kolagen dan elastin yang membuat kulit tetap kencang dan elastis menjadi rusak. Jika rusak, kulit menjadi keriput dan lembek. Efek ini dimulai pada usia sekitar 35 tahun dan meningkat seiring dengan pertambahan usia seseorang.

Kulit memiliki tipe I, II dan III dimana tipe yang terakhir adalah paling tahan lama dan stabil. Jika asupan makanan yang mengandung gula secara berlebihan dapat merubah tipe kolagen III menjadi tipe I. Artinya kulit terasa lembek dan tak kenyal lagi. Hal yang lebih mengkhawatirkan lagi adalah AGEs mampu menonaktifkan enzim antioksidan alami tubuh sehingga tubuh tak mampu menahan sisi buruk dari sinar matahari.

Untuk mensiasatinya diperlukan kesadaran untuk menjaga pola makan yang seimbang. Sayur dan buah serta air putih mampu menahan penuaan secara dini. Tentu saja mengkonsumsi gula dalam porsi yang wajar.

1 komentar:

Silahkan buat komentar anda tentang artikel ini.
asal jangan kata kata kotor

Related Posts with Thumbnails